Templates by BIGtheme NET
Home » Geothermal » Diskusi Publik Energi Terbarukan Untuk Aceh

Diskusi Publik Energi Terbarukan Untuk Aceh

Acehinsight.com – Kurangnya informasi terkait Energi berkelanjutan seperti geothermal (panas bumi) yang diperoleh oleh masyarakat Aceh, membuat WWF Indonesia Northern Sumatra Program bersama Aceh Geothermal Forum (AGF) mengadakan diskusi publik bertemakan “Energi Terbarukan Untuk Aceh”, pada Selasa (08/08/2017) di Hotel Grand Arabia, Banda Aceh.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Project Leader WWF Indonesia Northern Sumatra Program, Dede Suhendra, menghadirkan beberapa narasumber seperti dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Aceh, Ring of Fire Program Coordinator WWF Indonesia, Achmed Shahram Edianto, Koordinator Aceh Geothermal Forum (AGF) Fahmi, serta pihak PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Disampaikan pada diskusi tersebut, bahwa saat ini, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan informasi tentang energi bekelanjutan (Sustainable Energy), salah satunya geothermal (panas bumi) yang ada di provinsi Aceh. Bahkan hal ini diperparah dengan tumpang tindih informasi yang keliru tentang geothermal itu sendiri.

Selain itu, pengembangan geothermal merupakan hal yang baru di Aceh. Maka dibutuhkan ruang untuk berdiskusi dan berbagi cerita sukses pengembangan geothermal di daerah lain di Indonesia, agar menjadi stimulun untuk implementasi pemanfaatan energi terbarukan di Aceh.

Seperti diketahui, dalam Kebijakan Energi Nasional, penggunaaan energi baru terbarukan ditargetkan sebesar 23% pada 2025. Hal ini dilakukan dalam rangka mewujudkan kemandirian energi Indonesia. Saat ini, penggunaan energi di dunia termasuk Indonesia di dominasi oleh penggunaan bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil adalah energi yang tidak berkelanjutan. Untuk mencapai cita-cita tersebut, maka dibutuhkan kesadaran berbagai pihak untuk mendukung pengembangan energi terbarukan.

Untuk itu, perlu adanya penyadartahuan tentang potensi, manfaat, dampak, dan pentingnya energi berkelanjutan serta update informasi dari berbagai pihak tentang pengembangan energi berkelanjutan khususnya di Aceh.

Dari hasil diskusi publik tersebut maka diperoleh beberapa rekomendasi terkait Energi Terbarukan Untuk Aceh seperti

  1. Energi terbarukan harus menjadi prioritas dalam perencanaan pemenuhan kebutuhan energi di Aceh
  2. Pengembangan energi terbarukan harus memastikan perlindungan terhadap keanekaragaman hayati dan wilayah dengan nilai konservasi tinggi, kearifan lokal, serta memastikan kesejahteraan masyarakat
  3. Kebijakan dan perencanaan energi yang berkelanjutan mendapat dukungan serta mengakomodir keterlibatan dari seluruh pemangku kepentingan, baik itu pemerintah, swasta, akademisi, media, LSM, dan masyarakat
  4. Kebijakan dan perencanaan energi yang berkelanjutan sejalan dengan pencapaian target penurunan emisi GRK Nasional dan daerah (SRAP/Strategi Rencana Aksi Provinsi)
  5. Terbukanya ruang bagi publik untuk memperoleh informasi tentang pengembangan dan pengelolaan energi terbarukan di Aceh
  6. Mendorong keterlibatan perempuan secara strategis dalam pengembangan dan pengelolaan Energi Terbarukan. []

Untuk Informasi terkait Energi Terbarukan, Geothermal di Aceh kunjungi website Aceh Geothermal Forum www.agf.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful