Templates by BIGtheme NET
Home » Kliping Media » Pemerintah Komit Tangani Konflik Gajah

Pemerintah Komit Tangani Konflik Gajah

Acehinsight.com, Redelong – Wakil Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah MT menyatakan komitmennya bahwa Pemerintah Aceh akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menanggulangi konflik gajah yang terus terjadi di Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah. Pernyatan itu disampaikan Wakil Gubernur Aceh ketika menggelar rapat kerja penanggulangan konflik gajah di Aula Setdakab Bener Meriah, Minggu (17/12).

Menurut Nova Iriansyah, penanganan yang serius tersebut akan melibatkan berbagai pihak dan sektor, termasuk akan melakukan pertemuan dengan empat kabupaten yang menjadi rumah gajah liar, yakni Bener Meriah, Aceh Tengah, Bireuen, dan Pidie Jaya. Bila perlu, kata dia, untuk jangka panjang pananggulangan gajah tersebut akan diajukan dan melibatkan pemerintah pusat dalam hal ini kementerian terkait. “Kita serius dan komit untuk menyelesaikan masalah gajah ini,” kata Nova Iriansyah di depan awak media.

Dalam rapat tersebut pihaknya bersama elemen masyarakat berembuk dan bersepakat untuk melakukan upaya jangka pendek, menengah, dan panjang, dalam upaya menangani konflik gajah, termasuk akan melibatkan empat kabupaten. Dia mengungkapkan, sebenarnya koordinasi antara kabupaten sudah pernah dilakukan, namun tidak menemukan solusi dan tidak ditindaklanjuti. Untuk ini pemerintah Aceh akan komit menyelesaikan konflik gajah yang terus terjadi di empat kabupaten tersebut.

“Ternyata rencana jangka panjang ini pada tahun 2014/2015 sudah pernah dirumuskan. Jadi, kita sebenarnya tinggal menindaklanjutinya saja. Nantinya kita akan duduk bersama empat kabupaten untuk merumuskan,” jelasnya.

Permasalahan yang terpenting, sebut Nova, bagaimana perumusan jangka pendek dan menengah menangani gajah di Bener Meriah. Untuk solusi jangka menengah, dari beberapa titik yang dianggap sebagai tempat keluar masuk gajah, ditanggulangi dengan membangun barrier atau parit isolasi, termasuk solusi-solusi lainnya.

“Informasi dari bupati, akan dibangun dalam hitungan jam kalau bisa. Nanti tim teknis dari bupati akan menghitung berapa jumlahnya, tempatnya, termasuk parit isolasi segera dikerjakan. Kalau perlu, alat berat dari provinsi yang berada di wilayah terdekat segera kita perbantukan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk jangka pendek, dengan terus menerus memasuki pemukiman warga, dia meminta agar tim dari kabupaten segera menyusun strategi penggiringan. “Ini hanya penyelesaian sementara agar kawanan gajah keluar dari pemukiman. Tapi, ini akan ditindaklanjuti dengan program jangka menengah. Hingga pada saatnya nanti, kita juga akan melibatkan pemerintah pusat dalam jangka yang lebih panjang,” paparnya.

Terkait dengan penggiringan gajah, saat ini timbul kendala karena ketika digiring dari Bener Meriah, yakni gajah malah akan memasuki wilayah Kabupaten lainnya seperti Aceh Tengah, Pidie Jaya atau Bireuen. Ia menerangkan, saat dilakukan penggiringan nantinya tidak akan sampai ke pemukiman di wilayah kabupaten lainnya. “Penggiringan ini tentu tidak akan sampai ke pemukiman di kabupaten lain,” tandasnya.

Wagub menjelaskan, masalah gajah tersebut harus serius untuk diselesaikan. Pasalnya, masalah tersebut harus juga dilihat dari sisi gajahnya, karena berdasarkan peraturan perundang-undangan, gajah harus dilindungi. “Berdasarkan undang-undang, memaksa kita harus melindungi gajah. Disamping itu, gajah itu harusnya kan hidup berdampingan dengan manusia, tidak harus saling merusak,” harapnya.

Terkait dengan luas wilayah isolasi bagi gajah yang diperkirakan mencapai 37 hektare, dimana setengahnya merupakan kawasan hutan lindung dan setengahnya lagi masuk ke hutan produksi yang dikelola oleh PT Tusam Hutani Lestari (THL), pihaknya akan melakukan koordinasi dengan syarat harus koorperatif dan perusahaan tidak menutup mata masalah gajah. “THL tetap akan kita minta kolaborasi dan berkontribusi, karena jangkauan gajah ini masuk ke wilayah itu juga. Kita minta THL sepenuhnya harus membantu,” tutupnya. (Serambi Indonesia/c51)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful