Templates by BIGtheme NET
Home » Marine » Paus Cuvier’s Beaked Whale Terdampar Dipinggir Laut Tapaktuan

Paus Cuvier’s Beaked Whale Terdampar Dipinggir Laut Tapaktuan

istimewa

Acehinsight.com, Tapaktuan – Seekor ikan Paus jenis Cuvier’s Beaked Whale berukuran panjang 4,9 meter dan lebar 2,5 meter berjenis kelamin betina terdampar dipinggir laut, Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (31/1/2019).

Ikan raksasa yang terdampar dipinggir laut dekat Masjid Lhok Keutapang tersebut pertama kali ditemukan oleh Yaspil, salah seorang nelayan dan Dian, warga setempat sekitar pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan informasi pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Selatan kepada acehinsight.com, saat ditemukan, kondisi ikan paus tersebut memang telah mati dan terapung. Sehingga harus ditarik masyarakat ke pinggir pantai setempat.

Sejauh ini belum diketahui apa penyebab pasti paus jenis Cuvier’s Beaked Whale tersebut bisa terdampar dalam kondisi sudah tak bernyawa. Saat dicek oleh tim, terlihat luka-luka goresan di seluruh tubuh paus ini.

Namun demikian, untuk mendapatkan kepastian penyebab kematian paus tersebut, pihak Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Satker Aceh, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Selatan dan tim Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, dibantu warga telah melakukan identifikasi morfologi dan penanganan mamalia terdampar, untuk dilakukan proses penyelidikan lanjutan di Laboratorium.

Ikan Paus raksasa tersebut, selanjutnya dievakuasi dengan cara ditarik oleh sejumlah warga ke hamparan tanah kebun kelapa dekat Cafe Rindam Gampong Lhok Keutapang guna dikuburkan.

Proses evakuasi yang dikoordinir langsung oleh BPBD Aceh Selatan tersebut agak berlangsung lama, karena harus menunggu didatangkan alat berat excavator (beko) milik BPBD ke lokasi tersebut.

Info yang didapat acehinsight.com, keberadaan ikan paus raksasa yang terdampar dipinggir laut Gampong Lhok Keutapang tersebut mengundang perhatian dari masyarakat luas.

Ratusan masyarakat dari berbagai pelosok terlihat tumpah ruah menyaksikan langsung proses evakuasi ikan langka itu hingga selesainya proses penguburan.

Selain masyarakat, dilokasi juga terlihat Kapolres Aceh Selatan AKBP Dedy Sadsono ST bersama belasan anggotanya mengamankan lokasi. Kadis Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, T. Masrul, Sekretaris BPBD Aceh Selatan Suhaidi SE, Camat Tapaktuan Yulmainar SE, Danramil 01/Tapaktuan Kapten Inf Wahid, dan Kapolsek Kota AKP Mutafa.

Selain itu, juga terlihat beberapa pegawai Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSDPL), PSDKP Satker Aceh, Panglima laot wilayah Aceh Selatan serta Tapaktuan Diving Club.

Untuk diketahui, jenis paus Cuvier’s Beaked Whale, merupakan spesies paus yang tersebar luas dan melimpah, dengan populasi di seluruh dunia lebih dari 100.000 ekor. Paus ini memiliki panjang kira-kira 5 sampai 7 meter, dengan berat sekitar 2.500 kg. Sirip dorsalnya kecil dan melengkung, terletak di dua pertiga panjang tubuhnya. Warna tubuhnya ada yang berwarna abu-abu gelap, sampai berwarna cokelat kemerahan. Umumnya memiliki bekas luka, atau bercak putih yang disebabkan oleh cookiecutter sharks. Bentuk sirip dorsalnya bervariasi, mulai dari segitiga hingga berbentuk sabit. Mereka juga dapat hidup sampai sekitar 40 tahun.

Ikan paus berparuh Cuvier atau Ikan paus berparuh angsa (Ziphius cavirostris) merupakan satu-satunya anggota paus dari genus Ziphius. Meskipun ikan paus ini termasuk ikan pelagis, namun ikan paus ini lebih memilih untuk hidup diair yang lebih dalam dari 1.000 m dan untuk menghindari kapal. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

ăn dặm kiểu NhậtResponsive WordPress Themenhà cấp 4 nông thônthời trang trẻ emgiày cao gótshop giày nữdownload wordpress pluginsmẫu biệt thự đẹpepichouseáo sơ mi nữhouse beautiful